laporan manisan kulit jeruk

Tujuan
Agar mahasiswa dapat memanfaatkan limbah kulit jeruk menjadi suatu produk manisan (manisan kulit jeruk).
Dasar teori
Tanaman jeruk berasal dari suatu kawasan yang sangat luas, mulai dari daratan India, Cina Selatan, Australia Utara dan Selandia Baru. Kini tanaman tersebut telah menyebar keseluruh dunia baik di daerah tropis maupun subtropis. Spesies jeruk yang bernilai ekonomis tinggi pada umumnya sudah dibudidayakan di seluruh dunia ada delapan spesies yaitu Jeruk Nipis(Citrus aurantifolia), Jeruk Kates (Citrus aurantium: sour orange), Jeruk Besar (Citrus grandis: Pummelo), Jeruk Lemon (Citrus Lemon), Jeruk Sitrun (Citrus Medika : Citron), Jeruk Grapefruit (Citrus paradisi), Jeruk Mandarin/ Jeruk Keprok (Citrus Reticulata), dan Jeruk Manis ( Citrus Sinensis: Sweet orange) (Anonim.2011).
Buah jeruk pada umumnya dikonsumsi dalam bentuk segar, terutama jeruk manis, jeruk keprok dan jeruk besar. Beberapa jenis jeruk lainnya digunakan sebagai bahan minuman penyegar, seperti jeruk nipis dan jeruk lemon. Jeruk sitrun digunakan untuk minyak penyedap, jeruk bergamen untuk parfum, jeruk yang digunakan untuk bumbu masak adalah jeruk purut dan jeruk limau, sedangkan kulit jeruk besar digunakan untuk manisan (Ashari, 2004).
Manisan buah adalah buah-buahan yang direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu. Manisan biasanya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan. Teknologi membuat manisan merupakan salah satu cara pengawetan makanan yang sudah diterapkan sejak dahulu kala. Perendamanan manisan akan membuat kadar gula dalam buah meningkat dan kadar airnya berkurang. Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikroba perusak sehingga buah akan lebih tahan lama (Anonim.2011).

Alat dan bahan

Alat :
Baskom
Panci
Kompor
Timbangan
Pisau
Bahan :
Jeruk sambal
Air PDAM
Air gula
Air kapur

Cara kerja
Siapkan jeruk sambal sebanyak 500 g
Iris jeruk dibagian tangkai buah kemudian peras air jeruknya
Bersihkan jeruk hingga tertinggal kulit jeruk bersih
Cuci kulit jeruk hingga bersih
Rendam kulit jeruk dengan larutan garam 125 (g) selama 30 menit
Kukus kulit jeruk selama 30 menit
Masak kulit jeruk dengan air gula hingga mengental
Taburi manisan kulit jeruk dengan gula
Hasil pengamatan
Kelompok Rendemen (%) Tekstur Rasa Aroma
1 59,41 Lembut Pahit Khas jeruk
2 48,02 Lembut Pahit Khas jeruk
3 58,43 Lembut Pahit Khas jeruk
4 48,87 Lembut Pahit Khas jeruk
Perhitungan :
Rendemen= (berat manisan kulit jeruk)/(berat kulit jeruk)=(118,81 g)/(200 g)×100%=59,41%

Pembahasan
Pembuatan manisan kulit jeruk dari kulit jeruk terdapat menghasilkan rendemen yang berbeda-beda tiap kelompok. Kelompok 1 memiliki rendemen kulit jeruk yang paling tinggi daripada kelompok-kelompok yang lain, disebabkan karena pada saat pembuatan manisan kulit jeruk kelompok selain kelompok satu kurang memperhatikan yaitu banyak kulit jeruknya yang terbuat dilantai hingga mempengaruhi rendemen manisan kulit jeruk.
Didalam pembuatan manisan kulit jeruk dari kulit jeruk sambal ternyata memiliki aroma khas jeruk, ini disebabkan karena kandungan senyawa asam sitrat yang terdapat didalam kulit jeruk masih tinggi sehingga mempengaruhi aromanya menjadi asam seperti aroma sebelum diolah menjadi produk manisan. Dan juga manisan jeruk yang terbuat dari kulit jeruk sambal memiliki rasa yang pahit disebabkan karena proses perendaman dengan air kapur kurang lama yaitu 30 menit masih tidak bisa menghilangkan senyawa pektin yang terdapat didalam kulit jeruk masih aktif sehingga menyebabkan manisan kulit jeruk memiliki rasa pahit. Tekstur manisan kulit jeruk dari kulit jeruk sambal memiliki tekstur yang lembut sehingga bila dikecap dengan lidah enak pada saat mengunyahnya, disebabkan karena proses perebusan dengan air gula hingga mengental mempengaruhi tekstur dari manisan kulit jeruk yang dihasilkan. Selama proses perebusan dengan air gula terjadi tekanan osmotik yaitu dimana konsentrasi air gula yang tinggi meresap kedalam bahan sehingga menyebabkan senyawa yang terdapat didalam bahan yang direbus yaitu kulit jeruk terdispersi ke permukaan hingga menyebabkan perubahan tekstur pada manisan kulit jeruk yang dihasilkan.
Kesimpulan
Rendemen manisan kulit jeruk yang tertinggi terdapat pada kelompok 1.
Manisan kulit jeruk yang terbuat dari kulit jeruk sambal memiliki aroma khas jeruk, rasa pahit, dan tekstur yang lembut.

DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2011. http://id.wikipedia.org/wiki/Manisan_buah. di akses 7 desember 2011
Anonim. 2011. http://id.wikipedia.org/wiki/jeruk. di akses 7 desember 2011
Ashari, Sumeru. 2004. Biologi Reproduksi Tanaman Buah-buahan Komersial. Malang : Bayumedia Publishing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s